GlamourIndonesia.com- Meskipun beruntung terlahir dengan kulit wajah yang terlihat cerah namun sering terpapar sinar matahari serta perawatan kulit wajah yang salah menyebabkan kulit yang tadinya cerah perlahan-lahan berubah menjadi kulit kusam.

Sebagian besar wanita Indonesia menganggap bahwa kulit kusam merupakan masalah yang merusak penampilan.

Selain paparan sinar matahari dan kurangnya perawatan kulit, kulit kusam juga disebabkan karena faktor pertambahan usia.

Tak hanya itu, dr. Monita menambahkan, kulit kusam juga disebabkan oleh fungsi organ, paparan debu, paparan asap rokok, serta kebiasaan makan makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, berminyak dan makanan yang dibakar.

Khusus faktor makanan, sebenarnya jika kondisi tubuh sedang bagus maka makanan tersebut tidak terlalu berpengaruh pada kulit.

Namun, jika kondisi tubuh sedang menurun, maka makanan tersebut otomatis tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh, dan akan membawa pengaruh negatif pada kulit wajah yang tadinya cerah terlihat semakin kusam.

Pasalnya, makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik tersebut akan menjadi racun yang merusak keseimbangan sel-sel tubuh, tak terkecuali sel kulit tubuh. Karena pengaruh racun tersebut, sel perlahan-lahan akan membuat kulit yang tadinya cerah terlihat semakin kusam.

TINGGALKAN KOMENTAR