Lakukan Dua Hal Ini sebelum Menikah

Ilustrasi via istimewa

GlamourIndonesia.com, Jakarta – Persiapan yang dilakukan menjelang pernikahn pastinya harus sempurna. Mulai dari pemilihan tempat hingga catering menjadi sorotan utama.

Namun selain hal tersebut, ada persiapan yang lebih penting yaitu Premarital Check up dan imunisasi atau vaksin premarital yang justru menentukan masa depan pernikahan kedepannya.

Dikatakan dr. Kristoforus Hendra Djaya SPpD, seorang Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Clinic mengatakan sebelum menikah ada persiapan yang harus disiapkan pada hari pernikahan.

“Mulai dari pestanya,konsepnya, WO,dll. Namun orang sering kali tidak melakukan hal penting lainnya yakni persiapan untuk jangka panjang yaitu kesehatan dengan melakukan premarital check up yang berfungsi untuk mendeteksi penyakit-penyakit yang bisa ditransfer antar pasangan yang juga bisa diturunkan kepada keturunan kita kelak. Serta yang yang paling penting lainnya adalah pencegahan dengan melakukan vaksin premarital,”ungkap dr.Kristoforus saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Ada beberapa hal diperiksakan saat premarital check up yang disingkat namanya TORCH atau Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simpleks serta ada satu lagi jenis penyakit yakni Telesemia yang bukan merupakan infeksi tapi diturunkan.

Namun checkup tidaklah cukup, premarital checkup sendiri hanya sebatas mendeteksi.

Hal yang paling penting lainnya adalah dengan melakukan imunisasi atau vaksin premarital sebagai langkah pencegahan atau preferentive yang dapat dilakukan.

Terdapat 5 jenis vaksin yang harus dilakukan pasangan calon mempelai 7 bulan sebelum pernikahan, yaitu:

  1. Vaksin HPV (Human Papilloma Virus) yang menjadi penyebab kanker serviks (wanita) dan kutil kelamin (pria)
  2. Vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubela) yang beresiko Gondongan penyebab infertilitas/gangguan kesuburan, keguguran, serta cacat bawaan pada anak
  3. Vaksin Virus Varicela atau cacar air. Varicela pada ibu hamil trimester terakhir dapat membuat bayi yang dilahirkan juga menderita cacar air.
  4. Vaksin Hepatitis B yang berguna mencegah penyakit yang ditularkan melalui darah dan hubungan sex. Penyakit ini menyebabkan sakit kuning, radang hati bahkan sirosis dan kanker hati
  5. Vaksin DPT (Diphtteria Tetanus Pertussis) mencegah infeksi bakteri DPT yang banyak menyerang bayi baru lahir, kejang pada bayi yang berakibat fatal.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih detil mengenai jenis vaksin di atas, Anda dapat menghubungi www.inharmonyclinic.com.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here