Seperti Anak-anak, Orang Dewasa Juga Butuh Vaksinasi

GlamourIndonesia.com, Jakarta – Vaksinasi tidak hanya penting dilakukan untuk bayi dan anak-anak, tetapi orang dewasa juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi karena kebutuhannya.

Dikatakan dr. Kristoforus Hendra Djaya, Sp.PD dari In Harmony Clinic, kebutuhan vaksin orang dewasa perlu ditambah setiap periode. Dengan konsisten melakukannya, tubuh tidak hanya terlindungi dari sejumlah penyakit, tetapi mencegah penyebarannya.

“Penyakit yang perlu diproteksi untuk orang dewasa itu 100 kali lebih banyak dibanding dengan anak-anak. Jika melindungi orang dewasa akan semakin banyak nyawa yang terlindungi,”kata dr.Kristo dalam acara Comprehensive Vaccinology ke-9 di Red Top Hotel Jakarta, Sabtu (16/9/2017).

Namun sayangnya sampai saat ini banyak program yang lebih memprioritaskan vaksinasi kepada anak-anak dibandingkan orang dewasa.

“Berbeda dengan di Amerika Serikat yang juga fokus ke orang dewasa,”lanjutnya.

Selain itu, tingginya harga vaksin yang tidak ditanggung jaminan kesehatan membuat banyak orang dewasa memilih mengabaikan kebutuhan vaksinasi dibandingkan melakukannya.

Lebih lanjut dokter berkacamata ini menjelaskan ada 16-17 vaksinasi yang dianjurkan untuk orang dewasa dengan periode yang berbeda dan dibedakan oleh usia.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi, maka edukasi perlu diberikan kepada semua orang tanpa terkecuali.

“Harus diberikan edukasi lewat seminar, event tanpa terkecuali tenaga medis juga. Karena membangun kesadaran dari tenaga medis sangat perlu untuk mengajak bahwa vaksinasi bukan hanya untuk anak, tetapi orang dewasa termasuk dokter,”pungkasnya.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here