Unik, 13 Tradisi Perayaan Tahun Baru Dunia

Tradisi tahun baru (http://ccrealtors.com)

GlamourIndonesia.com- Setiap negara punya tradisi perayaan tahun baru yang berbeda satu sama lain. Selain menikmati pesta kembang api atau berkumpul bersama keluarga, ada negara yang memiliki tradisi perayaan tahun baru yang unik dan nyaris tak terpikirkan.

Misalnya saja di negara Chili, banyak warganya yang memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Lain lagi dengan Turki, warganya memilih untuk melakukan penggalangan dana saat tahun baru. Mereka percaya jika kegiatan tersebut dapat mendatangkan kebahagiaan. Lalu bagaimana tradisi di negara lain? Berikut tradisi perayaan tahun baru di 13 negara lain.

Italia

Di Italia, kebiasaan merayakan tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar. Api unggun ini dipertahankan agar tidak padam dalam satu hari. Pasalnya, mereka percaya jika api besar itu padam dalam semalam, mereka tidak bisa merasakan sinar matahari sepanjang tahun.

Jepang

Untuk menikmati malam tahun baru, warga Jepang memiliki tradisi menyantap makanan telur ikan, tatsukuri dan manisan tumbuhan laut. Ketiga makanan tersebut memiliki makna khusus. Misalnya telur ikan yang melambangkan kemakmuran, tatsukuri yang melambangkan kesuburan dan manisan tumbuhan laut sebagai simbol perayaan.

Chili

Warga di Chili memilih merayakan malam pergantian tahun di pemakaman. Mereka memilih tempat ini untuk merayakan tahun baru dengan keluarga atau kerabat tercinta yang sudah meninggal dunia.

Yunani

Biji delima sebagai simbol kemakmuran bagi warga Yunani. Karena itu setiap tanggal 1 Januari, mereka selalu menebar biji delima.

Spanyol

Tradisi makan 12 buah anggur dan berdoa saat malam pada 31 Desember menjadi tradisi warga Spanyol. Angka 12 pada jumlah anggur yang dimakan menunjukkan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru.

Denmark

Sebelum merayakan tahun baru, selama setahun masyarakat mengumpulkan piring-piring bekas. Piring tersebut digunakan untuk melempari rumah teman saat malam tahun baru. Wah kok bisa? Uniknya, warga yang dilempari tersebut tidak akan marah. Bahkan katanya rumah yang paling banyak dilempari adalah orang yang punya banyak teman dan disukai banyak orang.

Irlandia

Saat malam pergantian tahun, wanita yang masih single di Irlandia akan menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal. Tujuannya agar pacar atau gebetan cepat melamar mereka. Tak hanya itu, mereka juga percaya kalau kebiasaan ini bisa menjauhkan diri dari nasib sial di tahun yang baru.

Ekuador

Di sini masyarakat merayakan malam tahun baru dengan membakar foto-foto yang menyimpan kenangan buruk. Masyarakat akan berkumpul di satu tempat dan menyalakan api untuk membakar foto.

Austria

Menuangkan timah saat tahun baru menjadi tradisi di negara Austria. Cairan timah tersebut dituangkan ke dalam wadah yang sudah diisi air. Bila sudah dituang, timah-timah tersebut akan menjadi beberapa bentuk yang dijadikan prediksi untuk tahun depan. Contohnya bentuk bola menunjukkan keberuntungan, jangkar berarti memerlukan bantuan.

Jerman

Hampir sama dengan Austria, Jerman juga punya tradisi yang sama. Selain itu, masyarakat Jerman akan menyajikan ikan mas saat tahun baru. Menariknya, duri ikan ma situ akan dibagikan kepada para tamu sebagai jimat keberuntungan.

Meksiko

Di Meksiko, tradisi menggunakan pakaian dalam warna-warni di malam tahun baru dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Uniknya, setiap warna yang dikenakan memiliki arti berbeda-beda. Misalnya warna merah melambangkan cinta dan putih melambangkan kedamaian.

Belgia

Tahun baru di negara ini disambut dengan perayaan pesta keluarga. Dalam pesta tersebut, para tamu yang hadir akan saling berpelukan dan bertukar kartu ucapan. Sementara anak-anak sudah mempersiapkan hadiah tahun baru untuk orang tuanya.

Indonesia

Tahun baru di Indonesia identik dengan terompet dan kembang api. Bahkan sejumlah kota besar rutin menyelenggarakan pesta kembang api setiap tahunnya. Sedangkan bagi yang memilih merayakan tahun baru di rumah, mereka kebanyakan menyelenggarakan pesta barbeque sambil menunggu pergantian tahun bersama keluarga atau teman terdekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here