Pentingnya Komunikasi Dalam Lingkungan Kerja

GlamourIndonesia.com- Komunikasi menjadi unsur yang sangat penting di berbagai kondisi terutama di lingkungan pekerjaan. Komunikasi yang baik akan mendukung karir yang cemerlang. Namun membangun komunikasi yang tepat dengan rekan kerja memang tidak mudah. Ada norma dan etika yang harus dipatuhi agar tidak terjadi salah paham.

Dilansir dari Femalefirst, dijelaskan norma dan etika yang berlaku mungkin mudah dipraktekkan bagi si supel. Sedangkan si kuper yang memiliki kesulitan berkomunikasi tentu saja norma dan etika akan sulit dipraktekkan.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan membangun komunikasi dengan rekan kerja tak perlu murung, Profesor Fiona Patterson, direktur grup psikologi memberikan 5 kiat sukses membangun komunikasi yang baik di tempat kerja, yaitu.

1Objektifitas

Ketika menyampaikan pesan bertema sensitif atau menyampaikan pesan yang bisa berujung terjadinya ketegangan, usahakan untuk berpedoman kepada fakta atau objektifitas.

2Fokus

Fokus kepada bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sekaligus pada topic yang diangkat. Hal ini akan membantu menjelaskan tujuan dari komunikasi yang dilakukan.

3Pengertian

Pahami reaksi emosional rekan kerja. Untuk memahami respon emosional rekan kerja yang diajak berkomunikasi, ada baiknya Anda memposisikan diri sebagai si rekan kerja.

4Humble

Humble, Jujur dan bersikap apa adanya.

5Good Listening

Bersikap terbuka dan suka mendengarkan. Hindari sifat ingin menang sendiri dan berpartisipasi aktif dalam komunikasi yang dilakukan dengan rekan kerja. Ini dilakukan agar kedua belah pihak sama-sama puas dalam menyampaikan pendapat.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here