Warren Edward Buffet, Dari Penjual Koran Hingga Jadi Orang Terkaya Di Dunia

Istimewa

GlamourIndonesia.com – Kemampuan dan kepandaian Warren Edward Buffett dalam hal berinvestasi memang pantas diacungi jempol.  Karena hampir setiap investasi yang digeluti selalu sukses, tak heran jika dirinya mendapat banyak  julukan seperti “Wizard of Omaha”, “Oracle of Omaha”, atau “Sage of Omaha

Tentang Keluarga

Warren Edward Buffet adalah anak ketiga dari 3 bersaudara, Warren Edward Buffet sendiri lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Anak dari pasangan Howard Buffet dan Leila ini memang menggambarkan sebuah ungkapan buah jatuh tak jauh dari pohonnya dimana kemampuan berbisnis dari Warren Edward Buffet mewarisi sang ayah. Ayahnya adalah seorang politisi bisnis yang sangat handal.

Buffet bersekolah di Rose Hill Elementary School pada tahun 1942 di Omaha. Setelah itu melanjutkan studinya di Alice Deal Junior High School. Setelah itu berlanjut di Woodrow Wilson High School dan berhasil lulus dari University of Pensylvenia dan University of Nebraska Lincoln Columbia University. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Benjamin Grahamdi Columbia University setelah ia tahu bahwa Benjamin Graham dan David Dodd yang merupakan analis keuangan terkemuka kala itu mengajar di sana. Buffett lulus dari Columbia University pada tahun 1951 dengan meraih gelar Master of Science di bidang ekonomi.

Buffet mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Susie Thompson pada 19 April 1952. Dari hasil perkawinan tersebut beliau mempunyai 3 orang anak yaitu Susan Buffet, Howard Graham Buffet, dan Peter Buffet.

Karir Bisnis dan Perusahaan

Kemampuannya menciptakan nilai tambah ini sudah kelihatan sejak kecil, Bagi dirinya waktu adalah sebuah investasi yang paling berharga. Oleh sebab itu dirinya tidak ingin menyia-nyiakan masa kecilnya. Buktinya, sejak kecil Warren Buffett sudah memperlihatkan ketertarikannya pada dunia usaha dengan ikut bekerja di toko grosir milik sang kakek, Ernest Platt Buffett.Terlihat. Kemudian diusia 11 tahun ia sempat menjadi seorang penjual Koran. Tak hanya itu saja,  Warren Buffet kecil juga memanfaatkan waktu untuk keliling lapangan golf mencari bola golf yang hilang dan menjualnya dengan harga murah ke pemain golf di sekitar lapangan tersebut.

Kemudian pada umur

14 tahun saat Warren Buffet masih duduk di banku SMA, ia  mulai bekerja sampingan dan menyisihkan sebagaian uang untuk ditabung.  Ketika uang tabungannya tersebut  sudah mencapai  $ 1,200 ia gunakan untuk membeli 40 ha tanah pertanian yang kemudian disewakan pada petani lokal. Dari sini ia sudah menciptakan passive income dari sewa lahan.

Warren Buffet mulai masuk dalam dunia bisnis pada tahun 1951 di perusahaan ayahnya Buffet falk & Co. Di Omaha dari tahun 1951 hingga 1954. Pada saat itu dirinya menjabat sebagai Sales Investasi.  Kemudian ia pindah ke Graham Newman Corp sebagai Security Analyst selama dua tahun (1954–1956).  Tak lama  pada tahun 1956–1969 ia pun pindah lagi ke Buffet Partnership, Ltd, sebagai General Partner. Pada tahun 1970 akhirnya beliau menjabat sebagai CEO di perusahaan Nerkshei Hathaway Inc.

Langkah awal Buffett dimulai tatkala ia membeli saham perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada 1962. Ia berhasil menjadi pemegang saham terbesar tiga tahun kemudian. Ia secara cerdik menginvestasikan uang nganggur perusahaan untuk  membeli perusahaan asuransi, perusahaan permata, utilitas, dan makanan melalui Berkshire. Lewat perusahaan ini pula ia menguasai beberapa perusahaan kelas dunia seperti Coca Cola, WellsFargo dan Kraft Food.

Langkah terbarunya, Desember lalu ia mengakuisisi perusahaan manufaktur dan jasa Momon Holding sebesar US$ 4,5 miliar. Langkah-langkah bisnisnya begitu tertata rapih dan pandai membaca peluang,  hampir setiap langkah Buffet adalah sebuah langkah investasi, dengan membeli saham perusahaan

Nilai Kekayaan

Berkat kerja kerasnya dalam membangun usaha, pada tahun 1962 Warren Buffet  menjadi seorang jutawan. Pada tahun 1998, Buffet membeli saham Coca-Cola. Bisnisnya terus berkembang pesat dan pada akhirnya tahun 1990 beliau berhasil menjadi seorang milyader. Pada tahun 2002 beliau masuk dalam  daftar sebagai orang terkaya di dunia.

Penghasilannya pada tahun 2002  menembus angka 11 Milyar Dollar dan berhasil meduduki peringkat pertama orang terkaya didunia  menggeser posisi Bill Gates. Namun pada tahun 2009 warren buffet mengalami kegagalan dalam melakukan investasi di perusahaan Conoco Philips yang menyebabkan posisinya tergeser kembali oleh Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here