Mbah Gotho Manusia Tertua di Dunia Rayakan Ultah Ke-146

GlamourIndonesia.com/Mbah Gotho Manusia Tertua di Dunia Rayakan Ultah Ke-146/foto-istimewa

GlamourIndonesia.com – Batas usia rata-rata manusia pada umumnya adalah sekitar 65-75 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan manusia bisa mencapai umur panjang hingga seratus tahun lebih lamanya, tapi itupun sangat jarang sekali ditemui.

Seperti yang dialami Mbah Gotho, Ia adalah satu-satunya manusia tertua di Indonesia bahkan Dunia yang hingga kini masih hidup. Mbah Gotho ini asal Sragen yang sempat menjadi pembicaraan hangat beberapa waktu lalu.

Meskipun kondisinya sempat menurun pada awal tahun 2016, tetapi ia sudah sehat lagi dan baru saja merayakan ulang tahun ke-146. Mbah Gotho, yang diyakini sebagai manusia tertua di dunia ini lahir di Sragen pada Desember 1870.

Dalam sebuah acara perayaan sederhana, pemilik nama asli Saparman Sodimejo itu meniup lilin didampingi cucu dan cicitnya. Ia pun menikmati sepotong kue tart yang disuapkan oleh salah satu anggota keluarganya.

Ketika orang-orang menyanyikan lagu selamat ulang tahun, seperti terlihat dalam video yang disiarkan saluran Youtube Ruptly TV, Mbah Gotho tampak hanya diam dan menikmatinya. Saat ini, Mbah Gotho juga telah menerima alat bantu dengar dari yayasan The Starkey Hearing Foundation.

Seperti dilaporkan RT, kunci Mbah Gotho sehingga bisa berumur panjang adalah sabar. Dari 10 orang bersaudara, Mbah Gotho adalah satu anggota keluarga yang memiliki umur paling panjang.

Keempat istrinya pun sudah meninggal dunia. Meskipun pemerintah Indonesia telah mengakui keaslian dokumen kependudukannya, tetapi masih diperlukan verifikasi pihak ketiga yang independen agar Mbah Gotho bisa memegang rekor Guinnes World Record.

Rekor saat ini masih dipegang Jeanne Calment yang meninggal pada 1997 di usia 122 tahun.

 

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here